Henny Djuwita Santosa & Agung Saputra

2020_05_WEB_COE8

"Yang membuat saya puas bukanlah penghasilan materi, melainkan jumlah orang yang berhasil saya bantu. Itu merupakan kebahagiaan batin untuk saya yang tidak ternilai harganya."

Mengawali perjalanan kariernya di bidang otomotif, Henny telah mempelajari bisnis secara otodidak dari kedua orang tuanya yang merupakan pekerja keras. Sosok ayah yang selalu mengajarkannya menjadi pribadi yang mandiri dan menanamkan mindset untuk selalu fokus dan menjadi pengusaha yang tangguh dan selalu menjadi nomor satu dibidangnya. Meski begitu, Henny juga diajarkan untuk menjadi orang yang rendah hati dan dapat dipercaya. Ia tumbuh dengan relasi yang erat dengan ibunya. Semua saripati yang didapat dari sang ibu membawanya sampai ke titik saat ini. 

 

Dikenal sebagai pribadi yang senang berbagi, Henny menceritakan bagaimana di dalam keluarga besarnya selalu tersimpan unconditional love yang memotivasinya untuk terus maju. Salah satunya adalah yang mendorong ia terus maju di Nu Skin.

 

Henny telah menggunakan produk Nu Skin sejak lama. Sang kakak yang prihatin dengan kondisi kesehatannya - yang kala itu kerap pulang larut malam - menyarankan Henny untuk mengonsumsi produk Nu Skin. "Kakak saya, Dewi, menghampiri saya pada suatu malam dan berusaha mengingatkan saya akan pentingnya kesehatan. Ia kemudian menyuruh saya untuk mengganti produk kesehatan saya dengan produk dari Nu Skin," ucap Henny sambil mengenang awal perkenalannya dengan Nu Skin. Lambat laun, ia mulai merasakan perubahan dalam kesehatannya. Pada 2007, Henny memutuskan mulai fokus pada bisnis Nu Skin.

 

Henny sadar bahwa produk Nu Skin memang tidak tergolong murah, namun ia menjelaskan bahwa produk yang kita konsumsi merupakan cerminan seberapa besar kita menghargai diri kita. "Bagi saya, modal utama adalah kesehatan. Tanpa kesehatan, kita tidak akan mampu bekerja. Saya juga ingin orang lain bisa sehat melalui produk Nu Skin," tutur wanita yang juga pernah mendalami karier sebagai apoteker tersebut. 

 

Dua tahun berselang, Henny mendapat rekognisi sebagai Presidential Director. "Di sini saya bukan menjual obat, tetapi suplemen yang mempunyai manfaat baik bagi tubuh kita. Hal tersebut dibuktikan sendiri oleh Henny yang sempat mengonsumsi TRA, produk weight management Nu Skin terdahulu, pada masa awal bergabung di bisnis ini dan segera merasakan manfaatnya.

 

Kualitas di Atas Kuantitas

 

Misi yang kuat dan juga ketekunan membuahkan perkembangan yang pesat. Ia tidak pusing dengan penolakan-penolakan yang ia terima dari calon pembeli, karena ia menganggap menjalankan bisnis Nu Skin sama saja dengan berbagi kepada semua orang mengenai pengalaman pribadinya akan penggunaan produk Nu Skin yang bermanfaat. Saya fokus untuk menyebarkan produk-produk yang bermanfaat bagi orang banyak. Karena yang membuat saya puas bukanlah penghasilan materi, melainkan jumlah orang yang berhasil saya bantu. Itu merupakan kebahagiaan batin untuk saya yang tidak ternilai harganya," ujar Henny.

 

Tahun ini, Henny mencapai Presidential Director untuk kesepuluh kalinya. Ia merasa senang karena dapat mewakili Indonesia pada ranah global. "Berbeda jika waktu itu saya memutuskan untuk tetap menjalankan bisnis otomotif keluarga, saya tidak akan dikenal seperti saat ini. Titel Presidential Director Nu Skin diakui secara global, tanpa batasan, dan bahkan tercatat di kantor pusat Nu Skin di Amerika Serikat." Matanya berbinar kala menceritakan hal ini, menunjukkan rasa bangganya ia dengan perjalanan panjang dan pencapaian yang tidak mudah tersebut. 

 

Dalam berbagai pertemuan global Nu Skin, Henny dikenal secara unik oleh peserta lainnya. Hal ini disebabkan kebiasaannya yang selalu memamerkan bendera merah putih dalam pertemuan internasional Nu Skin. Semangatnya ini bahkan menginspirasi beberapa individu perwakilan dari negara lainnya, seperti Jepang dan Cina.

 

Peran Kuat Sang Ibu

 

Meski terbilang telah mencapai kesuksesan, hal tersebut terjadi bukannya tanpa tantangan. Henny dan sang ibu yang selalu bepergian bersama dalam setiap trip Nu Skin, dikenal sebagai duo sosok dengan penampilan yang ikonis. Namun, Henny harus kehilangan sang ibu yang sangat dicintainya di saat ia mendapat rekognisi Circle of Excellence. "Saat itu saya benar-benar bekerja keras untuk mendapatkan pencapaian Circle of Excellence karena ingin membuat ibu saya bangga, yang memang sedang sakit kala itu. Satu tahun setelah saya berhasil meraih pencapaian sebagai Circle of Excellence, ibu saya meninggal. Tetapi saya yakin beliau bahagia atas pencapaian yang saya lakukan untuk beliau."

 

Sang ibu, Melani, merupakan figur yang sangat dihormati Henny. Ia bercerita, "Dari kecil saya tidak pernah diajarkan untuk meminta atau pun menyerah. Kedua orang tua saya merupakan panutan dalam hidup saya, tidak ada tandingannya. Mereka telah menunjukkan pada saya bagaimana membangun sesuatu melalui kerja sama dan kasih sayang tanpa syarat." Ia kemudian melanjutkan betapa salut dirinya melihat sang ibu membesarkan tujuh anak tanpa asisten rumah tangga saat ia kecil.

 

Satu hal yang sangat ia ingat adalah ketika diikutsertakan dalam sebuah lomba membuat kue pada awal tahun ‘80-an. Henny mampu mengalahkan kontestan lainnya yang berasal dari luar Indonesia meskipun saat itu ia hanya berlatih di rumah bersama ibunya. Dengan terus menyemangati Henny yang sempat tidak percaya diri, ibunya berkata "Kalau kamu percaya dan yakin, kamu pasti bisa," Kalimat ini yang kemudian mengantarnya menjadi juara satu pada lomba itu. 

 

Henny masih mengingat momen tersebut sampai sekarang dan kerap menjadikannya motivasi kala dibutuhkan. Tidak hanya dari perkataan, ibunya juga kerap menginspirasi Henny melalui perbuatan dan sifat baiknya, seperti kesabaran serta karakter pantang mengeluh. Pesan-pesan yang diterima Henny dari sang ibu saat masih kecil telah banyak menuntunnya dalam hidup hingga kini. 

 

Henny mengaku sangat bersyukur dipertemukan dengan Nu Skin yang mengubah hidupnya. Ia merasa yang ia dapatkan lebih dari sekadar materi. Bisa memiliki tubuh yang sehat, membuat banyak orang mampu bersyukur, dan berbagi terhadap sesama yang membutuhkan merupakan segelintir dari hasil yang ia rasakan. "Dengan Nu Skin, saya bisa meraih banyak visi saya dalam hidup, salah satunya adalah membantu banyak orang," ujarnya. Saat ini Henny juga menjadi salah satu Board Member dari program Southeast Asia’s Children’s Heart’s Fund yang merupakan perwujudan dari budaya Nu Skin, di mana ia secara aktif mengajak para Brand Affiliate lainnya untuk bergabung menyumbangkan 1% dari penghasilan di Nu Skin untuk anak-anak yang terlahir dengan kelainan jantung. 

 

Dengan duduk bersama dan mendengarkan ceritanya, jelas tersirat bahwa Henny merupakan sosok yang rendah hati dan senang berbagi. Kedua kualitas tersebut berperan besar dalam kesuksesan perjalanannya bersama Nu Skin.

2020_05_COE_LifeStyle8
2020_05_COE_LifeStyle7