Roy Dwi Saputra & Amelia Puspawijaya

New customer? Sign up today!
New customer? Sign up today!

Kami tidak pernah melupakan dari mana kami memulai perjalanan ini 10 tahun lalu, di tahun 2009. Saat itu saya mulai menjalankan bisnis ini sebagai anak muda yang energik tetapi tidak memiliki apa-apa, tidak memiliki pengalaman, uang, koneksi bahkan penguasaan diri. Setelah dua tahun membangun bisnis sendiri, akhirnya saya dan Amelia memutuskan untuk membangun bisnis bersama-sama dan memasuki jenjang pernikahan. Di sinilah segala sesuatunya dimulai; sebuah proses kehidupan yang sangat panjang yang bukan hanya mengubah kondisi keuangan kami, tapi mengubah hidup dan kedewasaan berpikir kami berdua.

 

Ketika memulai usaha ini, kondisi kami sangat memprihatinkan. Kami tidak punya modal, tidak punya rekam jejak sebagai seorang profesional ataupun pengusaha yang berhasil. Saat itu, saya hanya mendapatkan penghasilan Rp. 600 ribu setiap bulannya dan harus tinggal di Jakarta yang terkenal dengan biaya hidup mahal dan kehidupan yang keras. Dapat dibayangkan bagaimana kami memulai sebagai anak muda yang harus memasarkan dan membangun bisnis yang pada saat itu tidak banyak anak muda yang mau menjalankannya. Kami bertemu dengan kesulitan demi kesulitan, bahkan kegagalan berkali-kali menghampiri kami. Tapi satu hal yang pasti, kami tidak pernah menyerah.

 

Kami meyakini segala sesuatu di dunia ini diciptakan dua kali, pertama diciptakan di pikiran kita dan kedua diciptakan di realita kita. Dari hari pertama menjadi Brand Affiliate Nu Skin, kami percaya bahwa kesuksesan sebagai Presidential Director, Millionaire bahkan Multi-Millionaire di bisnis Nu Skin pasti akan kami raih entah cepat atau lambat. Dan hal ini benar-benar kami alami dalam proses bisnis kami 10 tahun terakhir ini. Kami memang tidak memulai dan berproses dengan cepat di bisnis ini, kami bukanlah leader yang tercepat, terbesar atau terhebat. Namun hal itu membuat kami dapat merasakan setiap jengkal proses yang kami alami, baik secara pribadi di dalam bisnis ataupun proses kehidupan sebagai pasangan suami-istri yang dikaruniai 2 putri yang cantik dan cerdas.

 

Pada tiga tahun pertama di bisnis ini, kami mengalami sebuah kesuksesan yang tidak dapat kami tanggung. Kenaikan penghasilan yang begitu cepat dan publisitas instan yang membuat banyak orang mengenal kami; itu semua membuat kami jatuh pada sebuah kesombongan dan kenyamanan. Pada akhirnya kondisi tersebut membuat kami mengalami fase tiga tahun berikutnya di zona stagnan; bisa dibilang kami tidak kemana-mana baik secara bisnis ataupun kehidupan. Tidak ada satupun hari yang benar-benar bahagia saat itu, kami begitu terobsesi pada sebuah kesuksesan tapi mengerti apa yang menjadi rencana Tuhan pada kesuksesan kami. Kami mengejar uang tapi tidak Tuhan, kami mengejar kesuksesan bisnis tapi tidak kesuksesan pribadi sebagai manusia. Dan kami lupa bahwa kesuksesan sejati lahir ketika kita mengorbankan hidup untuk banyak orang. Ya, bahasa mudahnya kami benar-benar menjadi pasangan bodoh yang terjebak oleh ambisi kami sendiri untuk menjadi sukses.

 

Puji syukur kepada Tuhan yang tidak pernah meninggalkan kami, tidak membiarkan kami terjatuh selamanya. Momen yang mengubah kehidupan kami adalah ketika seorang sahabat berkata, “Betapapun hebatnya dirimu, tetapi jika dikalikan dengan nol maka hasilnya adalah NOL”. Itulah yang mengubah cara kami berpikir, dan mengubah total cara kami berbisnis. Juga, mengubah cara kami menjalani kehidupan sebagai suami istri dengan kehadiran putri pertama tahun 2013 dan putri kedua tahun 2017. Hidup kami diproses begitu dalam oleh Tuhan menggunakan kendaraan bisnis Nu Skin, dan kami sangat bersyukur atas hal itu – termasuk masa-masa di mana kami mengalami banyak kesulitan dan kemarahan, ditinggalkan orang dekat, terbawa ke dalam permasalahan orang lain, perkataan negatif bahkan perilaku yang sangat tidak menyenangkan dari banyak orang.

 

Kami ingin menjadi yang ter-berguna, ter-manfaat, ter-menginspirasi setiap kehidupan yang kami temui dan menjadi pembuktian bahwa manusia bisa berubah. Seorang yang tidak punya rumah, bisa punya rumah; yang miskin bisa menjadi kaya. Kesuksesan akan muncul dan hilang, kekayaan akan datang dan pergi, ketenaran akan bersinar dan pudar; tetapi kasih Tuhan dalam kehidupan kita dan kasih kita kepada orang lain tak akan pernah padam. Inilah yang menjadi sumber energi bagi kami untuk terus melakukan prospek sampai kami menutup nafas hidup kami.

 

Penolakan, dibohongi, bahkan ditinggalkan -- saya rasa kami akan tetap mengalami semua itu. Tetapi kami lebih memilih untuk memikirkan betapa banyak kehidupan yang bisa diubah. Masih banyak pasangan atau keluarga yang saat ini hidupnya broken, tidak punya rumah, frustasi dengan keuangan, atau perlu disehatkan dengan produk-produk Nu Skin. Masih banyak kehidupan yang harus diubahkan, karenanya kami akan terus melakukan pekerjaan ini. Karena kami tahu bahwa yang kami kerjakan ini adalah untuk Tuhan. Terus berkarya bagi para Nu Skinner Indonesia!